Article information
- Category: KB-TK
- Author: Fadhlina Sari., S.Pd. G.r
- Article date : 2025-11-21
PEUNAJOH ANEKA KULINER
Setiap daerah memiliki makanan khas tersendiri yang rasanya unik dan tidak ditemukan di daerah lainnya. Bukan hanya sekadar ingin merasakan sensasi makanan-makanan khas tersebut, tetapi banyak juga yang menjadikannya sebagai oleh-oleh.
Selain memperkenalkan jenis-jenis makanan, dalam kegiatan Peunajoh Aneka Kuliner anak-anak juga diajarkan konsep ekonomi dan kewirausahaan dengan cara membuat pasar mini di lingkungan sekolah, di mana anak-anak berperan sebagai penjual dan pembeli.
Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang mengenalkan kekayaan kuliner warisan leluhur Aceh, tetapi juga menjadi sarana menanamkan nilai budaya dan kecintaan terhadap tradisi kuliner Aceh sejak dini dengan cara yang menyenangkan. Melalui pengalaman langsung ini, anak-anak belajar bagaimana menghargai hasil karya sendiri maupun orang lain, sekaligus menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya lokal sejak dini.
Pelaksanaan Kegiatan peunajoh aneka kuliner kali ini dengan tema “Peunajoh Endatu” bertempat di sekolah dengan kegiatan jual beli. Kegiatan diawali dengan perkenalan makanan. Anak-anak kemudian mempraktikkan secara langsung cara jual beli. Selama proses berlangsung, guru membimbing sambil mengajak anak berdialog, seperti apa saja yang digunakan. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab dari apa yang sudah dijelaskan, disini anak anak diajak untuk berfikir dan melatih keberanian juga untuk menjawab pertanyaan.
Peunajoh Aneka Kuliner bukan hanya kegiatan mengisi waktu, tetapi juga merupakan sarana pembelajaran aktif yang melibatkan berbagai aspek perkembangan anak. Dengan suasana yang menyenangkan, anak-anak belajar banyak hal tanpa merasa terbebani. Diharapkan, kegiatan seperti ini dapat rutin dilaksanakan sehingga anak tidak hanya mahir di kelas, tetapi juga memiliki keterampilan hidup yang bermanfaat di masa depan.
Artikel Terbaru
Science Day Sekolah PAUD Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh
author : Dewi Lestari tanggal : 2025-11-07